Pentium 4 – Core i3

Intel Pentium 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz

Intel Xeon Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai komputer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.Intel Xeon adalah versi kinerja tinggi dari prosesor Intel desktop yang dimaksudkan untuk digunakan di server dan workstation high-end. Xeon keluarga meliputi beberapa generasi core mikroprosesor dan dua mikro-arsitektur generasi – NetBurst (Pentium 4) dan Core. Xeon CPU memiliki fitur yang sama seperti Pentium 4 / D, Core 2 Duo / Quad mikroprosesor desktop. Selain itu, Xeon CPU dapat bekerja dalam sistem prosesor ganda. Versi khusus dari Xeon CPU, Xeon MP, dapat digunakan dalam sistem 4-arah. Juga, Xeon CPU sering memiliki ukuran yang lebih besar dari level 2 cache dan / atau menyertakan cache level 3 besar.Intel Xeon CPU hampir selalu dikemas berbeda dari Pentium 4, Pentium D dan Core 2 mikroprosesor, dan, dengan beberapa pengecualian, dapat bekerja hanya di server kelas motherboard. Pertama Xeon CPU yang diproduksi pada 603-pin paket. Paket ini dengan cepat digantikan oleh 604-pin paket yang cocok socket 604 motherboard. Banyak prosesor Xeon modern juga diproduksi di 771-lahan paket FC-LGA – prosesor ini membutuhkan soket 771 motherboard. Ada beberapajenisdari Intel Xeon Processor yaituXeon Foster, Xeon Foster MP, Xeon Prestonia, Xeon Gallatin, Xeon MP Gallatin, Xeon Nocona, Xeon Irwindale, Xeon MP Cranford, Xeon MP Potomac, Xeon Paxville, Xeon Sossaman, Xeon 3000

Intel Itanium Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).
Prosesor ini benar-benar baru (bukan penerus prosesor Intel x86), karena memang Intel mendesain prosesor ini dengan bantuan Hewlett-Packard. Arsitektur yang digunakan adalah arsitektur gabungan dari dua prosesor dengan arsitektur RISC, yakni HP PA/RISC dan Intel 860 yang kurang laku di pasaran.
Secara umum, fitur-fitur yang diusung oleh prosesor Intel Itanium adalah sebagai berikut:
• Prosesor 64-bit murni. Meskipun demikian, ia dapat melakukan eksekusi terhadap kode 32-bit Intel x86 melalui teknologi yang disebut dengan IA-32 Execution Layer (IA-32 EL), meski kinerjanya kurang mengesankan.
• Mampu mengakses memori fisik hingga 16 Terabyte (menggunakan 44-bit address bus)
• Teknologi EPIC (Explicitly Parallel Instruction Computing), yang memungkinkan prosesor Itanium dapat melakukan 20 operasi tiap siklusnya
• Dua buah unit integer, dan dua buah unit memori yang dapat mengeksekusi hingga empat instruksi tiap detak
• Dua buah unit floating-point, yang dalam Itanium disebut sebagai FMAC (Floating-Point Multiply Accumulate) yang mampu menangani hingga 82 operand, dan mampu melakukan eksekusi dua operasi tiap detak.
• Dua tambahan unit MMX yang masing-masing mampu melakukan dua operasi floating-point. Selain itu unit ini juga mampu melakukan eksekusi terhadap delapan operasi floating-point presisi tunggal yang dapat dieksekusi tiap siklus.
• Memiliki 128 register integer, 128 register floating point, 8 register pencabangan (branch register), serta 64 register predikasi (predication)
Prosesor Itanium melakukan pengumpulan terhadap instruksi-instruksi yang hendak dieksekusi. Tiga instruksi 41-bit akan dikelompokkan menjadi 1 buah instruksi 128-bit dan 5-bit tambahan yang disebut dengan template yang menentukan informasi (yang dibuat oleh kompiler bahasa pemrograman) tentang bagaimana instruksi-instruksi tersebut dapat dieksekusi secara paralel. Pengelompokan ini, dinamakan dengan instruction bundling (pembundelan instruksi). Informasi dalam template digunakan oleh prosesor untuk menjadwalkan eksekusi instruksi secara paralel pada unit FMAC untuk menjalankan operasi superskalar. Fitur seperti ini disebut dengan Explicitly Parallel Instruction Computing (EPIC) yang dapat dianggp sebagai perluasan terhadap konsep desain instruksi Very Long Instruction Word (VLIW). Dalam arsitektur instruksi VLIW, setiap instruksi menetapkan sejumlah operasi yang berbeda yang dapat diterapkan secara paralel terhadap setiap operand yang bersifat mandiri.

Intel Itanium 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium.Itanium 2 processor dirilis pada tahun 2002, dan dipasarkan untuk server enterprise bukan untuk gamut seluruh high-end komputasi. Itanium 2 pertama, kode-bernama McKinley, bersama-sama dikembangkan oleh HP dan Intel. Ini lega banyak masalah kinerja prosesor Itanium asli, yang sebagian besar disebabkan oleh subsistem memori tidak efisien. McKinley berisi 221 juta transistor (yang 25 juta adalah untuk logika), diukur 19,5 mm 21,6 mm dengan (421 mm2) dan dibuat dalam 180 nm, sebagian besar proses CMOS dengan enam lapisan metalisasi aluminium.
Pada tahun 2003, AMD merilis Opteron, yang diimplementasikan sendiri arsitektur 64-bit (x86-64). Opteron memperoleh penerimaan yang cepat di ruang server perusahaan karena memberikan upgrade mudah dari x86. Intel menanggapi dengan menerapkan x86-64 di mikroprosesorXeon pada tahun 2004.
Intel merilis Itanium 2 anggota keluarga baru, dengan nama kode Madison, pada tahun 2003. Madison menggunakan proses nm 130 dan merupakan dasar dari semua prosesor Itanium baru sampai Montecito dirilis pada bulan Juni 2006.
Pada Maret 2005, Intel mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan sebuah prosesor Itanium yang baru, dengan nama kode Tukwila, yang akan dirilis pada tahun 2007. Tukwila akan memiliki empat core prosesor dan akan menggantikan bus Itanium dengan System Interface baru yang umum, yang juga akan digunakan oleh prosesor Xeon yang baru Kemudian. Tahun itu, Intel merevisi tanggal pengiriman Tukwila untuk akhir 2008.
Pada bulan November 2005, Itanium besar produsen server bergabung dengan Intel dan sejumlah vendor software untuk membentuk Aliansi Itanium Solutions untuk mempromosikan arsitektur dan mempercepat port perangkat lunak. Aliansi mengumumkan bahwa anggotanya akan menginvestasikan $ 10 miliar solusi Itanium oleh akhir dekade.
Pada tahun 2006, Intel disampaikan Montecito (dipasarkan sebagai seri 2 Itanium 9000), prosesor dual-core yang sekitar dua kali lipat kinerja dan penurunan konsumsi energi sekitar 20 persen. Intel merilis Itanium 2 seri 9100, dengan nama kode Montvale, pada bulan November 2007.Pada bulan Mei 2009 jadwal Tukwila, tindak-on nya, direvisi lagi, dengan rilis untuk OEM yang direncanakan untuk kuartal pertama tahun 2010. Prosesor Itanium dan Itanium 2 didukung oleh beberapa sistem operasi, di antaranya adalah MicrosoftWindows XP 64-bit Edition, dan Windows 2000 Advanced Server Limited Edition 2002 dari Microsoft Corporation; GNU/Linux (yang disuplai oleh beberapa pembuat distro mayor, semacam Red Hat, SuSE, Caldera, Debian, dan Turbo Linux), serta dua versi UNIX, yakni Hewlett-PackardHP/UX dan IBMAIX. Jenis sistem operasi yang mendukung IA-32 EL adalah Windows Server 2003 Enterprise Edition, Windows Server 2003 Data Center Edition, Windows XP 64-bit Edition, serta beberapa distribusiGNU/Linux yang baru yang menggunakan versi kernel 2. 6.x

Intel Pentium M Processor
Intel Pentium M adalah sebuah mikroprosesorIntel x86 yang didesain oleh Intel untuk digunakan secara eksklusif untuk komputer portabel, semacam Notebook atau PC Tablet. Pentium M pertama kali dirilis pada bulan Maret 2003, bersamaan dengan chipset Intel 855, dan kartu adapter jaringan Intel PRO/Wireless 2100 Mini PCI, yang kemudian lazim dikenal dengan sebutan Intel Centrino jika ketiga komponen tersebut disatukan dalam satu sistem.
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.
Inti dari Pentium M merupakan desain dari para pengembang mikroarsitektur prosesor Pentium III yang efisien dan Pentium 4 yang gegas. Tentu saja, Pentium M juga menawarkan sesuatu yang lebih dari pada kedua pendahulunya itu, seperti hal-hal berikut ini:
• Penggabungan micro-operation (oleh Intel disebut dengan Micro-operation fusion). Hal ini akan mengakibatkan throughput yang lebih tinggi dengan menggunakan daya yang rendah.
Hasil desain tersebut, menjadikan Pentium M menawarkan performa yang sebanding, atau bahkan lebih cepat dibandingkan dengan prosesor Pentium 4, dengan tetap menekan penggunaan daya dan juga menekan terjadinya panas berlebih.

Intel Pentium M 735/745/755 Processor
Intel Pentium M 735/745/755 Processor yang dirilispadatahun 2004 ini, dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya

2.8 Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73 GHz
Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73 GHz yang dirilispadatahun 2005, sebuah processor yang ditujukanuntukpasarpenggunakomputer yang menginginkansesuatu yang lebihdarikomputernya, processor inimenggunakankonfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, danHyperThreading.
Intel Pentium D 820/830/840
Intel Pentium D 820/830/840 yang dirilispadatahun 2005 merupakan Processor berbasis 64 bit dandisebut dual core karenamenggunakan 2 buahinti, dengankonfigurasi 1MB L2 cache padatiap core, 800MHz FSB, danbisaberoperasipadafrekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenisinijugadisertakandukunganHyperThreading.
Intel Core Duo
Core Duo (sering dikenal juga dengan istilah dual core) merupakan generasi ke-8 dari jajaran processor dari Intel yang sudah memakai microprocessor dengan arsitektur x86. Arsitektur tersebut oleh Intel dinamakan dengan Intel Core Microarchitecture, di mana arsitektur tersebut menggantikan arsitektur lama dari Intel yang disebut dengan NetBurst sejak tahun 2000 yang lalu. Penggunaan Core 2 ini juga menandai era processor Intel yang baru, di mana brand Intel Pentium yang sudah digunakan sejak tahun 1993 diganti menjadi Intel Core.

Intel Core 2 Duo
Intel Core 2 Duo merupakan bagian keluarga mikroprossesor dari Intel dan merupakan generasi kedua dari arsitekturCore. Prosessor ini dibuat dengan menggunakan teknologi 45 nanometer dari Intel dan sirkuitHafnium yang ditanamkan didalamnya. Dengan 6 MBL2cache dan 1333 MHzfront side bus, kinerja prosesor meningkat hingga 40 persen dan efisiensi daya meningkat hingga 40 persen dibandingkan prosessor Intel generasi sebelumnya.
Intel Core 2 duo memiliki beberapa inovasi, yaitu
1. Dual core processing, yang mengkombinasikan dua prosessor Core dalam satu paket dan bekerja dalam frekuensi yang sama
2. Intel Wide Dynamic Execution, mampu meningkatkan kinerja dan efisiensi. Masing-masing inti bisa menyelesaikan hingga empat instruksi penuh secara bersamaan,382ra.
3. Intel Smart Memory Access, meningkatkan performa sistem dengan mengoptimalkan penggunaan bandwidth data komputer yang tersedia untuk menyediakan data ke prosesor ketika dibutuhkan
4. Intel Advance Smart Cache, menyediakan performa gemilang, dengan subsistem cache yang lebih efisien
5. Intel Intelligent Power Capability, desain yang lebih efisien dalam penggunaan energi dan baterai yang tahan lama
6. Intel Advanced Digital Media Boost, secara efektif menggandakan kecepatan eksekusi untuk instruksi-instruksi yang banyak digunakan di aplikasi-aplikasi multimedia dan grafis

Intel Core 2 Quad Q6600
Intel Core 2 Quad Q6600 yang dirilispadatahun 2006 merupakan, Processor untuk type desktop dandigunakanpada orang yang inginkekuatanlebihdarikomputer yang iamilikimemiliki 2 buah core dengankonfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampaidengan 4MB yang dapatdiaksestiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )
Intel Quad-Core Xeon X3210/X3220
Intel Quad-Core Xeon X3210/X3220 yang dirilispadatahun 2006 merupakan, Processor yang digunakanuntuktipe server danmemiliki 2 buah core denganmasing-masingmemilikikonfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapatmencapai 4MB yang diaksesuntuktiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)
Intel Atom
Intel Atom ini diklaim oleh Intel sebagai prosesor terkecil, dibuat dengan teknologi baru yang disebut “hafnium infused 45 nanometer high-k silicon” yang disingkat dengan sebutan teknologi 45 nanometer. Prosesor yang besarnya kurang dari 26 milimeter persegi itu mengandung 47 juta transistor.
Selain terkecil dalam ukuran, Atom juga diklaim kecil dalam mengonsumsi daya. yaitu membutuhkan daya kurang dari 1 watt sampai 2,5 watt. sehingga cocok untuk perangkat mobile karena akan hemat baterai.Produk perangkat bergerak seperti netbook dan nettop yang beredar saat ini sudah ada yang dilengkapi dengan Intel Atom, netbook adalah sebuah perangkat yang mirip dengan notebook hanya saja berukuran lebih kecil dan digunakan khusus untuk berinternet. contohnya Asus Eee PC 901, MSI Wind, Axioo Pico dan Acer Aspire One. sedang nettop dibuat untuk berinternet juga hanya saja nettop bukan perangkat bergerak, nettop tak ubahnya desktop hanya saja fungsinya khusus untuk berinternet.
Intel Atom ini menggunakan desain arsitektur yang benar-benar baru, jadi tidak mengadaptasi arsitektur prosesor yang sudah ada. selain hemat energi Atom juga memberikan performa yang baik untuk berinternet, Intel Atom memiliki FSB (Front Side Bus) dengan kecepatan sampai 533 MHz, prosesor ini juga mendukung multi-threading. Performa multimedia dan game juga digenjot dengan adanya dukungan untuk Streaming SIMD Extensions 3 (SSE3). Tetapi jangan harap game tiga dimensi bisa berjalan mulus di perangkat Atom. karena Atom memang dibuat bukan untuk main game, melainkan untuk berinternet.
Sebelum Atom diluncurkan, Intel mengumumkan dua prosesor baru dengan nama kode Silverthorne (Atom Z) dan Diamondville (Atom N). prosesor yang pertama dibuat untuk perangkat UMPC yaitu ultra-mobile PC. sedang prosesor kedua dibuat untuk netbook atau notebook kelas hemat.

Intel Core i7 Processor
Intel core i7 adalah nama salah satu keluarga mikroprosesor desktop golongan x86-64 produksi Intel Corporation. Mikroprosesor ini berbasis mikroarsitektur Intel Nehalem, dan memang merupakan bagian dari platform Nehalem. Hingga bulan April 2009 seluruh prosesornya merupakan model prosesor quad core (memiliki empat core), ditujukan untuk pangsa pasar high end desktop. Intel masih mencantumkan nama resmi ‘Core’ pada prosesor ini sebagai kelanjutan dari brand ‘Core’ sebelumnya. Kehadirannya menggantikan kedudukan keluarga prosesor pendahulunya yang dikenal dengan nama Intel Core2. Mikroprosesor keluarga Intel Core i7 yang pertama kali diproduksi diberi nama sandi (corenamed) Bloomfield, dibuat di Costa Rica dan dirilis pertama kali pada tanggal 17 November 2008. Fabrikasi mikroprosesor ini juga dilakukan di Arizona, New Mexico dan Oregon. Seluruh mikroprosesor Bloomfield ini diproduksi menggunakan teknik fabrikasi 45 nm, dilengkapi set instruksi (instruction set) x86, x86-64, MMX, SSE, SSE2, SSE3. SSSE3, SSE4.1 dan SSE4.2, serta fitur-fitur EIST, Intel 64, Xdbit, TXT, Intel VT, Hyper-Threading, Turbo Boost, QPI, Smart Cache, HD Boost. Mikroprosesor Intel Core i7 Bloomfield didesain menggunakan soket B yang dikenal pula dengan nama soket LGA 1366. Frekuensi (clock rate) mikroprosesor yang diproduksi berkisar 2,66 GHz hingga 3,2 GHz.

Intel Core i5 Processor
Jika Bloomfield adalah codename untuk Core i7 maka Lynnfield adalah codename untuk Core i5. Core i5 adalah seri value dari Core i7 yang akan berjalan di socket baru Intel yaitu socket LGA-1156.
Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3, maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yaitu 8 MB L3 cache.
Intel juga meluncurkan Clarksfield, yaitu Core i5 versi mobile yang ditujukan untuk notebook. Socket yang akan digunakan adalah mPGA-989 dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55 Watt.

Intel Core i3 Processor
Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s