CUTTER

Pengertian Cutter (Cutting Sticker)
Cutting sticker adalah sebuah teknik pemotongan bahan sticker yang di bentuk sesuai dengan desain yang diinginkan, baik itu permainan warna solid (non gradasi) maupun corak dengan menggunakan perangkat mesin cutting sticker dan komputer sebagai media desain.
Jenis Cutter (Cutting Sticker)
Ada berbagai macam sticker yang digunakan sebagai bahan atau material untuk membuat sticker yang kita inginkan, baik yang diproduksi dengan mesin digital printing atau mesin cutting sticker. Jenis-jenis sticker tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
1. Oracal Sticker
Sticker bermerk oracal adalah sticker berbahan plastik vinyl dengan berbagai macam warna dan seri, seperti Oracal 651, 8100, 8500, dan lain-lain. pada umumnya sticker ini digunakan sebagai bahan cutting ticker, papan nama, neonbox, branding mobil. Pernah pula saya menyaksikan bahan sticker oracal ini digunakan untuk menutup atau membungkus pilar bangunan seperti mall. (lihat gambar 6)
2. Carbon Sticker 3M
Sticker bermerk 3M Carbon ini merupakan sticker dengan dasar bermotif dan tersedia dalam beraneka ragam motif dan pada umumnya sticker carbon 3M ini digunakan untuk menutup atau branding dashbor mobil, dasar shop sign, lapisan booth display dan lain sebagainya sesuai dengan aplikasi yang dipakai. (lihat gambar 7)

3. 3M Reflective Sheet Sticker
3M Sticker reflective sheeting merupakan produk yang sangat berkualitas diantara sesama produk reflectif sheeting yang ada atau biasa disebut dengan schootlite. Sticker ini biasanya digunakan sebagai material cutting sticker, rambu lalulintas, safety sign, shopsign, dan ada juga yang menggunakan sebagai branding kendaraan. (lihat gambar 8)

4. Kiwalite Reflective Sticker
Kiwalite Reflective Sticker pada umumnya memiliki atau menjadi material yang berbasis sama dengan 3M reflective sheeting, hanya saja dalam hal qualitas masih berada dibawah produk 3M Reflective sheeting. Pada penggunaannya umumnya sama. Sangat cocok untuk konsumen yang mencari harga lebih murah. (lihat gambar 9)

5. Sticker Digital Printing Orajet
Sticker Digital printing orajet merupakan sticker dengan bahan utama vinnyl yang digunakan untuk printing outdoor atau luar ruangan pada umumnya. Sticker ini memiliki kualitas yang baik dari sejenisnya. Biasanya sticker ini digunakan untuk papan nama, neonbox dengan mica, branding baik ruangan maupun kendaraan. (lihat gambar 10)

6. Sticker Digital printing Ritrama
Ritrama merupakan sticker vinnyl yang bahannya sama dengan orajet, tetapi dari segi qualitas masih dibawah orajet, fungsi dari sticker ini juga sama dengan orajet.
Selain tersedia sticker untuk digital printing, ritrama juga menyediakan sticker untuk cutting sticker yang sejenis dengan Merek Oracal dan Kiwalite Reflective Sheet. (lihat gambar 11)

7. Sticker Digital printing Graftex
Sticker Digital printing graftex memiliki bahan dan fungsi yang sama dengan bahan sticker digital printing orajet dan Ritrama, tetapi secara qualitas sticker digital printing graftex masih dibawah keduanya. (lihat gambar 12)

8. Oneway Sticker Digital Printing
Oneway digital printing sticker adalah sticker yang memiliki bahan dasar campuran innyl yang sangat lentur dan mudah molor. sticker ini memiliki cirikhas belubang-lubang yang tersusun simetris dan rapi. Sticker ini pada umumnya digunakan sebagai bahan branding dikaca, baik kaca kantor, kaca toko, maupun kaca mobil. (lihat gambar 13)

Cara Kerja Cutter
Cara kerja Cutting Sticker ini hampir mirip dengan printer, mesin cutting sticker juga dilengkapi semacam cartridge. Pada printer biasa, part ini berfungsi sebagai penyimpan tinta dan mendistribusikannya sesuai dengan desain yang telah disetting melalui software yang ada pada PC ke mana printer tersebut terhubung. Sedangkan pada mesin cutting sticker, part yang satu ini berfungsi semacam penggenggam mata pisau pemotong –karena itu kadang disebut knife holder, yang tentu saja di dalamnya ada komponen-komponen yang juga berfungsi mengatur transfer data yang tersetting di software PC dalam bentuk desain sticker untuk dimanifestasikan pada media sticker. Bagian ini bersifat statis (tidak bergerak maju mundur) namun ia bergerak ke kanan dan ke kiri mengikuti desain sticker. Knife holdernya bersifat sedikit elastis dan bisa disetel daya tekannya. seperti printer juga, pada mesin cutting sticker terdapat roll yang berfungsi menggerakkan media sticker up dan down agar bisa mengikuti pola desain sticker.

Kelebihan dan Kekurangan Cutter
Cutting Sticker memiliki kelebihan dan kekurangan di bandingkan sticker printing, yaitu kelebihan pertamanya adalah lebih tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar. Jenis sticker vinyl seperti ORACAL atau 3M SCOTCHCAL bahkan memiliki ketahanan outdoor hingga 5 tahun,dibandingkan dengan sticker printing yang biasanya sudah mulai pudar tintanya setelah 1 tahun. Ini karena cutting sticker tidak menggunakan tinta/ ink sebagai pewarna sticker melainkan sticker sudah diberi pigmen warna permanen sejak dari proses produksi oleh pabrik. Kemudian yang kedua adalah jenis cutting sticker seperti scotchlite atau fosfor bisa memendarkan warna pada kondisi gelap, sedangkan pada sticker digital printing sampai saat ini tidak ditemui jenis yang seperti ini. Yang ketiga Sticker Cutting merupakan jenis sticker yang contour cut artinya bentuk atau desain sticker adalah bentuk potongan dari sticker itu sendiri. Sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media. Sedangkan untuk jenis sticker digital printing, hasil akhir berupa lembaran berbentuk kotak persegi. Tetapi pada saat ini ada teknologi terbaru yaitu PrintCut. Teknologi ini merupakan gabungan antara digital printing dengan cutting dimana sticker yang telah dicetak/ di-print akan dipotong mengikuti contour dari bentuk desain sticker tersebut. Tetapi mesin yang bisa melakukan pekerjaan ini masih tergolong mahal apalagi ketersediaan spare part nya di Indonesia masih jarang karena tergolong teknologi baru.

Untuk kekurangannya yang pertama adalah terbatas untuk warna-warna yang solid (non gradasi). Akan tetapi hal ini bisa disiasati dengan teknik gambar animasi, seperti menggunakan program Raster to Vector atau pakai Corel Trace, dll. Tentu saja tidak bisa langsung dipakai karena gambar harus dirapikan terlebih dahulu. Kemudian proses pembuatannya yang lebih rumit dibandingkan dengan sticker digital printing. Dan waktu pengerjaannya yang lebih lama karena ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan secara manual, seperti weeding/ peeling (atau mengelupas bagian sticker yang tidak perlu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s