MONITOR

Istilah monitor atau mungkin terkadang disebut juga sebagai layar tampilan komputer, biasanya digambarkan dengan sebuah layar berbentuk kotak yang menampilkan sesuatu sebagai hasil dari pemrosesan dari perangkat komputer. Monitor adalah sebuah perangkat keluaran (output device) yang berfugsi untuk memvisualisasikan data yang diproses di dalam komputer, sehingga pengguna dapat berinteraksi dan mengatur jalannya komputer. Sebagai media output, monitor mempunyai arti penting sebagaimana perangkat-perangkat komputer lainnya yang menjadi bagian-bagian penting dalam sebuah sistem. Karena merupakan sebuah sistem, apabila salah satunya tidak ada, maka sistem komputer tersebut menjadi tidak berfungsi dengan baik. Perkembangan monitor memegang peranan penting dalam pertumbuhan pasar komputer. Terutama bagian yang terus berkembang dari monitor antara lain ukuran dan resolusi monitor.
Ukuran monitor sama seperti ukuran pesawat televisi, yakni didasarkan pada panjang diagonal dari area yang telihat. Monitor untuk komputer desktop yang saat ini umum di pasaran adalah monitor berukuran 14″ dan 15″. Selain itu terdapat monitor 17″, 19″, 21″, dan 24″. Untuk laptop, ukurannya antara lain 7″-12″ (untuk netbook) dan 12,1″, 13,3″, 14,1″, 15″ (untuk notebook).

Selain ukuran fisik yang mejadi ukuran sebuah monitor adalah resolusi. Ukuran resolusi ditentukan oleh jumlah pixel (picture element), yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan di layar. Sebagai contoh, resolusi 1024×768 berarti bahwa monitor mengandung 1024 baris piksel dan 768 kolom piksel. Dengan kata lain jumlah piksel yang menyusun monitor adalah sebesar 1024×768 buah. Semakin tinggi resolusinya, semakin bagus kualitas tampilan dari monitor.

 

Gambar 1. Ukuran Pixel Monitor

 

 

 

 

 

 

Berbagai standar resolusi untuk monitor dapat dilihat pada tabel berikut:

Standard Keterangan
CGA (Color Graphic Adapter) Dibuat oleh IBM tahun 1981, memiliki 4 variasi warna, dengan resolusi 320 x 200
EGA (Enhanced Graphic Adapter) Muncul pada tahun 1984 dengan kemampuan 16 warna berbeda, dan resolusi 640 x 350 piksel
VGA (Video Graphic Adapter) Muncul pada tahun 1987. Digunakan pada komputer 80386 atau 80486
SVGA (Super Video Graphic Array) Memiliki jumlah piksel 800 x 600. Monitor ini menghasilkan 16 juta warna. Lazim pada monitor 14″ dan 15″
XGA (Extended Graphic Array) Memiliki jumlah piksel 1024 x 768 dan dapat menghasilkan 65.536 warna. Lazim pada monitor 17″ dan 19″
SXGA (Super Extended Graphic Array) Memiliki jumlah piksel 1280 x 1024 lazim pada monitor 19″ dan 21″
UXGA (Ultra Extended Graphic Array) Memiliki jumlah piksel 1600 x 1200. lazim pada monitor 21″. Dirancang untuk desain grafis
Tabel 1. Standar Resolusi Monitor
Selain resolusi monitor kualitas tampilan di monitor juga dipengaruhi oleh dot pitch (jarak antar piksel). Semakin dekat jaraknya, gambar yang dihasilkan juga akan semakin halus. Sebagai contoh, 28 dp berarti jarak antara dua piksel adalah 28/100 mm.
Parameter lain dari sebuah monitor adalah kedalaman warna (color depth). Jumlah bit yang digunakan untuk menyimpan ketentuan tentang sebuah piksel, menentukan banyaknya variasi warna yang dapat dihasilkan oleh sebuah monitor. Jumlah bit ini sering disebut sebagai kedalaman warna atau color depth. Selain jenis monitor, warna dan resolusi gambar pada layar juga ditentukan oleh graphic adapter card, yang merupakan piranti antarmuka penghubung monitor dan komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s