PRINTER

Printer merupakan media output untuk mencetak ke kertas atau media lain. Walaupun fungsi dasarnya untuk mencetak namun majunya teknologi printer saat ini tidak hanya bisa untuk mencetak saja tetapi bias digunakan untuk scan foto atau gambar, fotocopy, atau kirim fax. Beberapa jenis dan tipe printer banyak ditawarkan untuk saat ini, beberapa pertimbangan fungsi dan harga sering jadi patokan. Jenis printer yang ada saat ini dari cara kerjanya ada beberapa macam, contoh: dot matriks, bubble jet, ink jet dan laser jet.
• Dot Matriks :
Jenis printer ini masih sering dijumpai di swalayan, wartel atau perusahaan, printer ini menggunakan pita dengan head yang berisi pin-pin yang digerakkan oleh elektromagnet. Saat bekerja head ini bergerak dari kiri ke kanan dan pin-pin dihentakkan ke pita sehingga tinta dari pita menempel ke kertas sesuai data yang dikirim dari komputer ke printed baris demi baris. Printer jenis ini sangat cocok untuk pencetakan kertas berkarbonasi di kantor-kantor sepeti cetak faktur misalnya.
Cara kerjanya :
Dot Matrix mengacu pada cara printer menciptakan karakter atau gambaran di atas kertas. Ini dilaksanakan oleh beberapa jarum atau pin kecil, yang dibariskan dalam suatu kolom, membentur suatu pita tinta memposisikan antara pin dan kertas, menciptakan titik pada kertas itu. Karakter disusun atas pola itik dengan menggerakkan printhead secara menyamping ke seberang halaman dalam kenaikan yang sangat kecil.
Pin atau jarum, terdapat di printhead tersebut, dengan panjang sekitar satu inci dan dikemudikan oleh beberapa pendorong memaksa masing-masing pin menitik/menjepit pita tinta dan menutupi kertas pada suatu waktu tertentu. Kekuatan pada pendorong ini datang dari tarikan yang magnetis dari gelang kawat kecil ( solenoid ) yang diberi tenaga pada situasi tertentu, tergantung pada karakter yang akan dicetak. Pemilihan waktu isyarat mengirim kepada solenoid diprogramkan ke dalam printer untuk masing-masing karakter, dan menterjemahkan dari informasi yang dikirim oleh computer karakter yang mana untuk dicetak.

• Ink Jet :
Hampir sama dengan bubble jet, jenis printer ini juga menggunakan tinta cair. Bedanya jenis printer ini tinta langsung disemprotkan dan pergerakannya juga dari kiri ke kanan dan sebaliknya baris demi baris.
Cara kerjanya :
Inkjet mencetak seperti pencetakan laser. Tinta dipancarkan dari nozel sementara mereka melewati media. Operasi dari sebuah printer inkjet mudah untuk memvisualisasikan: tinta cair dalam berbagai warna yang disemprotkan ke atas kertas dan media lainnya, seperti film plastik dan kanvas, untuk membangun citra. Sebuah print head scan halaman dalam strip horisontal, menggunakan perakitan motor printer bergerak dari kiri ke kanan dan kembali lagi, sementara kertas yang digulung dalam langkah-langkah vertikal, lagi oleh printer A strip (atau baris) gambar dicetak, maka kertas bergerak, siap untuk strip berikutnya. Untuk mempercepat, kepala cetak tidak mencetak satu baris piksel dalam setiap pass, tetapi deretan vertikal piksel pada suatu waktu.

• Laser Jet :
Jenis printer ini menggunakan tinta serbuk atau sering disebut toner. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan mesin fotocopy, jenis printer ini lebih cepat dari jenis printer yang lain karena data langsung dicetak baris demi baris sekaligus. Data yang dikirim diproyeksikan ke rol yang mengakibatkan rol dengan data yang dapat berupa gambar atau tulisan tertempel oleh toner, lalu kertas dilewatkan pada rol tersebut. Setelah melewati pengering maka selesailah maka secara tidak sadar seakan-akan kertas tersebut lewat begitu saja di dalam printer. Beberapa keunggulan dan kelemahan serta kebutuhan perlu diperhitungkan untuk memilih printer. Untuk kebutuhan cetak berupa teks saja laser jet dapat jadi pilihan, sedang untuk yang lebih kompleks bubble jet atau ink jet lebih baik. Untuk cetak yang memerlukan copy berkas seperti dalam perusahaan lebih baik menggunakan dot matriks.
Cara kerjanya :
Secara umum cara kerja printer laser warna adalah menggunakan prinsip rekaman electrophotographic untuk membentuk gambar penuh warna di atas media cetak. Sistem terdiri dari sebuah Drum dan sebuah developing unit untuk masing-masing warna (cyan, magenta, yellow dan black / CMYK) dan menempatkan gambar toner dari masing-masing warna ke atas media cetak dengan perantara sebuah transfer belt untuk menghasilkan hasil cetak penuh warna.

• Line Matrix :
Dunia percetakan semakin canggih dengan hadirnya teknologi line matrix printer. Jenis printer ini memadukan antara line printer dengan dot matrix printer. Jenis ini mengadopsi wadah pita berupa cartridge ribbon baru yang lebih mudah dalam pengisian tintanya. Untuk kecepatan, dengan cartridge ribbon printer ini diklaim dapat mencetak dokumen dalam 500 line sampai 2 ribu line per menit. Kertas yang digunakan adalah kertas jenis continous.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s